3 Bayi Tewas, 1 Juta Gendongan Bayi Ditarik

Produk gendongan bayi yang ditarik (AP Photo/Gerald Herbert)

Lebih dari 1 juta gendongan bayi produk Infantino ditarik dari peredaran. Gendongan itu diduga kuat menjadi penyebab kematian tiga bayi di Amerika Serikat (AS) tahun lalu.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis 25 Maret 2010, produk itu dinilai berbahaya karena dapat membuat bayi yang digendong menjadi mati lemas.

Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC) menegaskan, gendongan ini membahayakan bayi berusia di bawah 4 bulan, bayi dengan berat rendah, prematur, dan yang memiliki masalah pernapasan.

Petugas berwenang juga mengimbau agar para orang tua tak lagi menggunakan gendongan itu untuk bayinya. Produk yang ditarik itu ada dua jenis. Yakni, 'SlingRider' dan 'Wendy Bellissimo'.

Sebanyak 1 juta produk barang itu berada di Amerika, sedangkan sekitar 15.000 tersebar di Kanada.

Komisi mengumumkan bahwa tiga kematian bayi yang terjadi tahun lalu itu disebabkan karena produk gendongan bayi Infantino. Tetapi, komisi tidak menjelaskan secara tegas bagaimana cara bayi itu tewas.
Kendati begitu, komisi menjelaskan ada dua cara yang berpotensi menyebabkan bayi kehabisan napas dan tercekik:

1. Posisi gendongan yang menekan berlawanan dengan posisi hidung dan mulut. Posisi ini dapat menahan saluran pernapasan bayi dan menyebabkan dia kehabisan napas hanya dalam satu atau dua menit.
2. Posisi gendongan 'membuai' yang membentuk kurva atau huruf C. Posisi mendekap bayi dibawa posisi dada ibu atau dekat perut. Posisi kurva itu dapat mengakibatkan bayi tidak memiliki kendali yang kuat pada leher.

Sementara, Presiden Infantino Jack Vresics mengatakan, perusahaan sudah melakukan berkoordinasi dengan komisi atas kasus itu.

"Prioritas utama kami adalah bayi yang orang tua dan perawatnya menggunakan produk ini," kata Vresics. Menurut dia, perusahaan akan mengganti rugi secara gratis atas produk yang ditarik.



• VIVAnews

ads

Ditulis Oleh : Zavadesignart Hari: 1:59 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment