Khasiat dan keburukan Kopi / Coffee

Dicintai dan dikonsumsi oleh jutaan orang, bahkan saat ini semakin banyak warung warung kopi bertaraf international yang muncul di mall mall. Orang datang ke warung kopi atau coffee hanya untuk sekedar menikmati kopi ditemani spotong kecil kue/donat sambil berlama lama mengobrol dengan rekan atau mengkses internet melalui Hotspot yang tersedia diwarung kopi tsb. Kopi telah memainkan peran penting dalam masyarakat manusia sejak abad ke-9 Masehi ketika diekspor keluar dari Timur Tengah. Hari ini jutaan orang di seluruh dunia minum kopi setiap hari karena konotasi sosial, rasa, dan kandungan kafein. Dengan strain dari Amerika, Eropa, Afrika, dan Asia, kopi memiliki dampak yang besar pada hampir semua orang di dunia. Studi baru-baru ini oleh sejumlah lembaga-lembaga ilmiah dan universitas telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji kopi memiliki sejumlah manfaat positif dan negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan. Sementara penelitian tentang dampak kopi terhadap kesehatan manusia masih terus berlangsung, terdapat temuan-temuan yang membuat ilmuwan terpesona. Semuanya tercantum di bawah ini.
Mempengaruhi kesehatan positif :
1. Kopi mengurangi risiko individu mendapatkan penyakit Alzheimer.
Minum sampai dengan dua cangkir kopi sehari membuat seseorang kurang rentan untuk tertular penyakit Alzheimer. Meskipun tidak tahu mengapa kopi memiliki kekuasaan untuk mencegah penyakit neurodegenerative ini, penelitian telah membuktikan bahwa orang yang minum kopi lebih kecil kemungkinannya daripada mereka yang tidak minum.
2. Minum kopi dan merokok dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson.
Kafein dalam kopi dan nikotin dalam rokok secara substansial mengubah individu biokimia alami. Studi terbaru menunjukkan bahwa perubahan ini dapat secara signifikan mengurangi risiko individu mendapatkan penyakit Parkinson.
3. Kopi meningkatkan memori jangka pendek dan fungsi kognitif.
Kopi memiliki jumlah besar kafein. Kafein ini membantu orang fokus dan menjadi bersemangat ketika mereka merasa lesu. Studi menunjukkan bahwa ketika orang minum kopi yang mengandung kafein kopi bereaksi secara kimiawi dan membantu mereka untuk menyimpan informasi yang lebih baik selama periode waktu yang singkat.
4. Kelanjutan dari studi yang dilakukan oleh University of Minnesota telah menemukan bahwa kopi dapat menjadi potensi senyawa anti-diabetes. Dengan minum kopi seorang individu dapat berpotensi mengurangi risiko diabetes tipe 2 lima puluh persen. Benar-benar mencapai penurunan risiko ini memerlukan individu untuk minum hingga 7 cangkir kopi sehari, namun jumlah tersebut dapat mengakibatkan efek samping yang bahaya dari kafein..
5. Kopi dapat membantu menyembuhkan sakit kepala.
Kafein dapat membantu meningkatkan efek analgesik obat-obatan seperti Aspirin, Midol, dan Excedrin. Banyak obat sakit kepala dan migren umumnya akan mengandung kafein dosis kecil.
6. Kopi adalah antioksidan yang sangat efektif.
Biji kopi mengandung sejumlah besar senyawa yang sangat efektif antioksidan. Bagi orang-orang yang tidak cukup makan buah atau sayuran, minum kopi dapat membantu mereka memperoleh mineral dan vitamin penting yang mereka butuhkan. Kopi juga mengandung molekul anti kanker.
7. Kopi adalah suatu diuretik dan pencahar.
Minum kopi membuat orang buang air kecil. Ini membantu membasuh sistem tubuh dan berpotensi menghilangkan senyawa berbahaya atau tidak sehat dari tubuh.
8. Kopi mengurangi risiko penyakit batu empedu.
Sebagai kopi adalah suatu diuretik dan flushes sistem tubuh yang juga mencegah kalsifikasi cairan dari kandung empedu (dikenal sebagai batu empedu). Jadi minum kopi dapat membantu seseorang menghindari penyakit batu empedu.
Aspek-aspek negatif kopi.
1. Kopi mengandung kafein.
Kafein menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, tidak terbatas pada susah tidur dan gangguan kecemasan, peningkatan risiko penyakit Parkinson, peningkatan kecemasan, denyut jantung, stress, peningkatan tekanan darah, gangguan perut , peningkatan buang air kecil, tidur yang terganggu dan masalah pernapasan pada bayi, dan sindrom ketergantungan kafein.
2. Membuat efek buruk pada tekanan darah dimana penderita hipertensi sebaiknya tidak meminum kopi.
3. Kopi dapat menyebabkan sembelit
Karena kopi adalah diuretik dapat menyebabkan orang mengalami dehidrasi, kekurangan cairan dalam tubuh seorang individu menyebabkan sembelit.
4. Kopi dapat menyebabkan Osteoporosis, dimana kalsium akan dikeluarkan melalui air kencing. Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih.
5. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi tanpa filter meningkatkan tingkat kolesterol. Mengapa? Karena kopi mengandung zat yang disebut cafestol yang memicu meningkatnya kadar kolesterol. Cafestol blok pada reseptor dalam usus kolesterol jalur penting untuk peraturan, dan merupakan bahan kimia makanan paling ampuh untuk melakukan hal ini
6. Minum kopi selama periode waktu dapat mengakibatkan noda pada gigi.
Minum kopi selama jangka waktu yang lama dapat mengarah pada pengembangan endapan karang gigi dan rongga kuning, terutama jika sejumlah besar gula ditambahkan ke minuman.
Kopi memiliki sejumlah baik dan buruk akan mempengaruhi kesehatan. Minum secukupnya kopi ini seharusnya tidak menimbulkan masalah, tetapi selalu baik untuk mengetahui bagaimana hal-hal yang akan mempengaruhi Anda.

sumber : international-medical-insurance

ads

Ditulis Oleh : Zavadesignart Hari: 8:18 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment